Manfaat Kalsium Untuk Kesehatan

Kalsium merupakan nutrien yang sangat dibutuhkan dan mempunyai peranan penting dalam tubuh kita seperti metabolisme tubuh,penghubung antar saraf,kerja jantung,dan pergerakan otot.

Pada umur 20 tahun,tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Kemudian setelah umur 50 tahun,kandungan alsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%.Dan ketika usia di atas 70 tahun keatas maka akan mengalami masalah kekurangan kalsium.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari Kalsium untuk tubuh kita.

1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kalsium merupakan zat pembangun utama bagi tulang dan gigi. Tubuh kita selalu memerlukan  kalsium untuk mempertahankan kepadatan tulang dan kekuatan gigi. Mencukupi kebutuhan asupan kalsium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

2. Membantu Fungsi Syaraf

Kecukupan asupan mineral kalsium juga memberikan kebaikan bagi syaraf. Kalsium diketahui turut berperan dalam membantu transmisi sinyal syaraf.


3. Membantu Metabolisme

Kalsium berguna bagi metabolisma tubuh karena kalsium membantu aktivasi enzim-enzim yang membantu pencernaan dan metabolisma untuk menghasilkan energi.

4. Mengurangi Resiko Kanker Kolon

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen kalsium bisa mengurangi resiko kanker kolon pada pria maupun wanita.

5. Membantu Fungsi Oto

Mineral kalsium sangat bermanfaat bagi otot. Kalsium diketahui turut membantu mengendalikan fungsi otot dalam melakukan kontraksi dan relaksasi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Mineral kalsium juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kalsium berperan dalam menjaga irama denyut jantung dan membantu kontraksi dan relaksasi otot jantung.

7. Mengendalikan Tekanan Darah

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium baik bagi kesehatan vaskular. Kalsium membantu mengendalikan tekanan darah sehingga mengurangi resiko hipertensi.

8. Mengurangi Gejala PMS

Peningkatan asupan kalsium melalui konsumsi suplemen kalsium pada wanita yang mengalami gejala PMS (Premenstrual Syndrome) bisa meredakan gejala-gejala umum PMS seperti nyeri, kram, perubahan mood, pusing dan hipertensi.

Untuk mengetahui apakah anda mengalami kekurangan kalsium,anda dapat memperhatikan gejalanya seperti banyak keringat,sesak nafas,lesu,menurunnya daya tahan tubuh,sembelit,berak-berak,insomnia,keram dan kurang nafsu makan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.