Mengatasi flek hitam bekas jerawat

Problem kulit lainnya yang sangat mengganggu penampilan adalah flek hitam atau bintik hitam bekas jerawat. Problem ini timbul akibat cara merawat jerawat yang salah sehingga meninggalkan luka. Apabila luka ini kemudian terpapar sinar matahari, maka akan menjadikannya hitam.

Bintik-bintik gelap yang terbentuk di sekitar luka jerawat merupakan hasil dari suatu kondisi yang disebut hiperpigmentasi paska peradangan. Kadang-kadang warnanya tidak terlalu mencolok, dan kadang-kadang menghasilkan daerah gelap yang luas. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh kulit yang sangat kering . Kulit kering dapat terjadi sebagai akibat dari pengobatan jerawat yang memiliki kandungan alkohol berat atau mengandung asam salisilat, ditambah lagi bila tidak menyertakan pelembab.

Kulit Anda memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri yang bereaksi terhadap rangsangan atau invasi kulit. Ketika ada peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat atau kulit yang kekeringan, maka zat tertentu akan dilepaskan oleh tubuh, seperti asam arakidonat, prostaglandin dan leukotrien. Zat ini mempercepat dan meningkatkan fungsi ofmelanocytes (sel yang memproduksi melanin) di epidermis, yang kemudian melepaskan lebih banyak melanin. Selain itu, kemampuan untuk mentransfer pigmen antara sel-sel kulit didorong. Inilah yang menyebabkan bintik-bintik gelap hiperpigmentasi paska peradangan.

Orang yang memiliki kulit gelap akan menderita hiperpigmentasi paska peradangan lebih sering dibandingkan dengan kulit terang, tapi setiap orang bisa mendapatkannya. Kabar baiknya adalah bahwa bintik-bintik gelap akan memudar dengan sendirinya. Kabar buruknya adalah bahwa mungkin diperlukan waktu hingga dua tahun untuk kulit untuk kembali ke bagus.
Satu hal yang dapat anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan adalah dengan menghindari paparan sinar matahari berkepanjangan. Paparan sinar matahari dapat menggelapkan titik tersebut dan memperpanjang penderitaan anda. Jika anda pergi keluar di bawah sinar matahari, pastikan baik memakai topi atau untuk menerapkan tabir surya pelindung dengan nomor SPF tinggi.

Cara menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan melalui metode laser, mikrodermabrasi, dan krim topical. Ada juga telah sukses menggunakan chemical peeling (mengandung asam glikolat) untuk mengupas lapisan terluar kulit. Hiperpigmentasi paska peradangan juga dapat diobati dengan krim yang mengandung azelaic acid yang membantu mengurangi bintik-bintik gelap. Dokter anda juga dapat memilih untuk meresepkan hydroquinone, obat yang menghambat pigmentasi di kulit.

Dengan waktu dan perawatan yang tepat, titik-titik gelap akan memudar sepenuhnya dari wajah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.